Bondowoso Republik Kopi atau Bondowoso Kota Tape?

bendebesah.com - Bondowoso Republik Kopi atau Bondowoso Kota Tape? - Bondowoso Kota kecil yang kaya dengan kekayaan alam. Bondowoso merupakan salah satu kota pengekspor kopi terbesar di Indonesia. Kopi Arabika Bondowoso dan Kopi Robusta Bondowoso yang menjadi andalan Bondowoso yang letaknya berada di Gunung ijen (Kopi Ijen Raung Bondowoso) dan Kaki Gunung Argopuro Andungsari (Kopi Andungsari) oleh sebab itu Bupati Bondowoso mendeklarasikan Bondowoso Republik Kopi.

Setiap kota ada ciri khas yang menonjol seperti Kabupaten Probolinggo karena selalu panen mangga dan rasanya enak maka Probolinggo di sebut Kota Mangga. Begitu pun juga Kabupaten Bondowoso karena terkenal Tapai (Tape) yang enak dan memiliki ciri khas yang berbeda dengan Tape berasal dari kota lain maka kabupaten Bendebesah (Bondowoso) disebut Bondowoso Kota Tape.

Tape yang bahan baku adalah singkong dan ragi. Singkong tidak sembarang singkong yang dapat di jadikan tapai, Singkong kuning yang dapat di jadikan Tapai namun singkong kuning ini harus Singkong yang di tanam di tanah Kabupaten Bondowoso Jika singkong di tanam di tanah kota lain maka beda lagi dari segi rasa dan kenikmatannya.




Banyak sekali merk tapai yang asli produsen tapai Bondowoso namun banyak pula Merk Tape yang mengatasnamakan Bondowoso. Jadi berhati-hatilah dalam membeli merk KW. Setiap merk pun memiliki rasa yang sedikit berbeda. Pada umumnya Tapai itu rasa kecut akan tetapi tape Asli Bondowoso Rasanya manis tanpa ada tambahan pemanis buatan dan rasanya nikamat tidak cepat bau.

Seiring berjalannya waktu Bondowoso mendapat tamabahan sebutan yang memang dari dulunya Bondowoso adalah salah satu pengekspor terbesar yaitu kopi. Pohon kopi yang biasanya di tanam di dataran tinggi alias pegunungan banyak sekali kita temukan pohon kopi. Pohon Kopi yang sering tanam masyarakat adalah Pohon kopi Robusta dan pohon Kopi Arabika.

Pada mei 2016 Bupati Bondowoso Bapak Amin Said Husni mendeklarasikan Bondowoso Republik Kopi. Tujuan deklarasi Bondowoso Republik Kopi ini agar Petani Kopi Bondowoso mendapat perhatian serius dari pemerintah. Biji kopi yang di tanam di Tanah Kabupaten Bondowoso mendapat lirikan dari investor luar negeri.

Ada 2 pegunungan yang menjadi andalan petani Kopi Bondowoso adalah Kopi Andung sari dan Kopi Ijen. Dataran 2 pegungunagan tersebut dengan ketinggian 1000 DPL (Diatas Permukaan Laut). Andung sari yang letaknya berada di kaki Gunung Argopuro. Petani Kopi andungsari banyak yang menanam Pohon kopi Arabika andungsari dan Pohon Kopi Robusta Andungsari.

Kini Bondowoso mempunyai 2 sebutan yaitu Bodowoso Kota Tapai dan Bondowoso Republik Kopi. Ada 1 sebutan lagi untuk Bondowoso yang lama tidak di dengar yaitu Bondowoso Kota Pensiun. dari cerita orang-orang terdahulu karena Bondowoso ini Kota yang sunyi dan sejuk cocok sekali untuk para pensiunan.

Anda pilih Bondowoso Republik Kopi atau Bondowoso Kota Tape?
Semua sama-sama memiliki dampak positif demi kemajuan kabupaten Bondowoso. Jadi masa depan Kabupaten Bondowoso berada di tangan masyarakat Bondowoso itu sendiri.

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel kami.

Artikel Terkait