Agenda Perawatan Bendungan Sungai Sampean Baru Bondowoso

Bendungan Sungai Sampean Baru - Bendebesah sebutan dari kabupaten Bondowoso. Pada tanggal 30 Nopember 2017 pemerintah Bondowoso bersama masyarakat sekitar Bendungan Sungai Sampean Baru melakukan perawatan dan membersihakan lumpur wisata Bendungan Sungai Sampean Baru yang berada di Kecamatan Prajekan.

Jadwal pembersihan dan perawatan Bendungan Sungai Sampean Baru ini di laksanakan 2 kali dalam setahun dan untuk waktunya tidak tentu karena melihat kondisi derasnya air. Masyarakat sekitar menyebutnya asatan sungai / asatan sampan baru / asatan bendungan sungai.

Bendebesah di kelilingi banyak pegunungan dan pastinya banyak air mengalir melalui sungai salah satunya yaitu Sungai Sampean Baru. Tujuan perawatan ini agar aliran air yang sangat deras dan berjalan lancar tidak terhambat oleh lumpur, limbah rumah tangga, dan dahan-dahan pohon.

Setiap melakukan perawatan selalu di dukung masyarakat Bondowoso karena Bendungan Sungai Sampean Baru banyak sekali ikan yang hidup dan berkembang biak. Pada saat di lakukan pengurasan Bendungan Sungai Sampean Baru masyarakat selalu menangkap ikan sungai seperti Lele, Nila, Mujair dan Sidat (Oleng).


Jadwal menguras Bendungan Sungai Sampean baru inilah yang sangat di tunggu-tunggu oleh orang Bondowoso, karena orang berbondong-bondong menangkap ikan di bendungan tersebut. Bendungan sampean baru sudah ada zaman kolonial Belanda, umur sudah cukup tua maka dari itu kita harus merawatnya.

Jika ingin menangkapnya anda wajib menyiapkan jaring dan tempat ikan yang cukup besar karena ikan lumayan banyak dan juga lumayan besar, Jadi anda tidak sia-sia datang ke Bendungan Sungai Sampean Baru dan rebutan dengan pengunjung lainnya.



walaupun cuaca tidak cerah sedikit mendung masyarakat dengan senang hati datang membersihkan sekaligus menangkap ikan di Bendungan Sungai Sampean Baru.

Bendungan Sungai Sampean Baru ini selain fungsinya sebagai Bendungan, Bendungan Sungai Sampean Baru juga sebagai tempat Ekowisata. Setiap hari pengunjung pun banyak apalagi cuaca cerah.

Jika anda datang ke Bendungan Sungai Sampean Baru di mohon tidak membuang sampah ke sungai karena akan berdampak banjir.

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, jangan lupa share artikel kami.

Artikel Terkait